Cara mengamankan router Wi-Fi Anda dan melindungi jaringan rumah Anda

Router yang diretas atau terinfeksi dapat memberi penjahat dunia maya akses ke setiap perangkat yang terhubung dengannya. Lindungi teman dan keluarga Anda dengan mengamankan Wi-Fi rumah Anda dalam 7 langkah mudah.

Mengapa keamanan router penting?
Mengamankan router Wi-Fi Anda sangat penting. Ia memeriksa semua lalu lintas masuk dan keluar, memastikan tidak ada yang berbahaya masuk dan tidak ada rahasia yang keluar. Sebagai titik koneksi pusat untuk setiap ponsel, laptop, tablet, dan desktop di rumah Anda, router Anda mengontrol siapa yang memiliki akses ke Wi-Fi rumah Anda. Jika ada orang jahat yang terhubung dengannya, mereka dapat meretas ponsel Anda, mencuri file Anda, memata-matai semua yang Anda lakukan saat online, dan bahkan mencuri identitas Anda.

7 langkah ini akan mengurangi risiko secara signifikan dan membantu mengamankan router Wi-Fi Anda.

Untuk memulai, Anda perlu mengakses setelan router Anda, yang dapat Anda lakukan dengan mengetikkan alamat IP router Anda ke bilah alamat browser Anda. Anda dapat menemukan alamat IP router Anda di pengaturan Wi-Fi (untuk instruksi lengkap klik di sini).

7 tips untuk mengamankan router Wi-Fi Anda
1: Ubah kata sandi router Anda
Semua router dilengkapi dengan nama pengguna dan kata sandi default, yang biasanya adalah “admin” dan “admin”, atau “admin” dan “kata sandi”. Peretas tahu ini, jadi yang terbaik adalah mengubahnya. Pertama, temukan alamat IP router Anda dan ketik di bilah alamat browser Anda. Masuk dengan kredensial default (biasanya dicetak di bagian bawah router, atau disertakan dalam kotak) dan masuk ke pengaturan. Dari sini, pilih opsi untuk mengubah kata sandi router Anda.

2: Perbarui firmware router Anda
Router berjalan pada perangkat lunak tingkat rendah yang disebut firmware. Ini menetapkan standar keamanan untuk jaringan Wi-Fi Anda dan menetapkan aturan tentang perangkat mana yang dapat terhubung. Memperbarui firmware router secara teratur akan memperbaiki bug atau kelemahan keamanan, yang, jika dibiarkan, dapat membuka rumah Anda dari semua jenis serangan dunia maya. Model yang lebih baru akan diperbarui sendiri di latar belakang, tetapi Anda harus selalu memastikan bahwa Anda menjalankan firmware terbaru dengan masuk ke setelan router Anda – biasanya cukup mudah untuk menemukannya.

3: Nonaktifkan akses jarak jauh, UPnP, dan WPS
Masalah dengan mengaktifkan akses jarak jauh adalah Anda membiarkan pintu terbuka bagi peretas untuk masuk. Fitur akses jarak jauh pada router sangat bagus jika Anda perlu mengotak-atik pengaturan router Anda jauh dari rumah. Tapi itu tidak mungkin dan tidak sepadan dengan risikonya. Anda dapat dengan mudah mematikan fitur ini di panel pengaturan router Anda.

Nonaktifkan UPnP
Fitur Universal Plug and Play memungkinkan perangkat terhubung satu sama lain serta dengan router tanpa otentikasi. Meskipun itu bagus untuk game multipemain atau menyiapkan printer komunal, itu juga menghadirkan kelemahan keamanan yang serius. Karena Anda memberi tahu router Anda untuk secara otomatis membuka port ke apa pun yang mencoba terhubung dari luar, eksploitasi UPnP seperti CallStranger dapat menyerang Anda dengan serangan DDoS untuk mencuri data dari perangkat apa pun yang terhubung. Saran kami adalah menonaktifkan UPnP dan mengautentikasi setiap perangkat secara manual, yang seharusnya tidak terlalu merepotkan untuk perangkat rumah biasa Anda.

Nonaktifkan WPS
Wi-Fi Protected Setup (WPS) memungkinkan Anda menghubungkan perangkat baru dengan kode PIN atau dengan menekan tombol pada router Anda. WPS akan membuat koneksi baru lebih cepat dan mudah, tetapi kode PIN numerik lebih mudah untuk dipaksakan daripada kata sandi alfa-numerik. Ini berarti siapa pun dapat terhubung ke Wi-Fi rumah Anda dan meretas router Anda. Nonaktifkan, terutama jika Anda tidak memiliki banyak perangkat berbeda yang mencoba menyambungkannya setiap hari.

4: Buat jaringan terpisah untuk tamu
Dari setelan router, Anda dapat membuat jaringan terpisah untuk tamu dan menjaga privasi jaringan utama Anda. Dengan cara ini, tamu tidak memiliki akses ke jaringan Anda yang lain dan hal-hal seperti speaker musik, folder bersama di laptop, atau printer Anda. Jika Anda memiliki banyak perangkat IoT, kemungkinan besar sebagian besar tidak akan sangat aman. Hubungkan mereka ke jaringan tamu Anda sebagai gantinya untuk meminimalkan kerusakan pada jaringan utama Anda jika salah satunya diretas.

5: Sembunyikan SSID router Anda
Jika Anda menyembunyikan SSID (nama jaringan), nama Wi-Fi rumah Anda tidak akan muncul dalam daftar ketika seseorang mencoba untuk menyambung. Sebaliknya, mereka harus terhubung secara manual dengan mengetikkan nama dan sandi Wi-Fi rumah Anda. Dengan cara ini, calon penyusup harus mengetahui nama pasti dari Wi-Fi rumah Anda serta kata sandinya. Untuk menyembunyikan SSID Anda, klik tombol “Sembunyikan Wi-Fi” di dalam pengaturan router Anda.

6: Setel router Anda ke 5 GHz
Anda dapat mengubah pita frekuensi Wi-Fi Anda menjadi 5 GHz, bukan 2,4 GHz biasa di pengaturan Anda. Frekuensi 5-GHz tidak berjalan sejauh frekuensi 2,4-GHz, jadi jika kebetulan ada peretas yang bersembunyi di lingkungan Anda, mereka mungkin tidak dapat mendeteksi jaringan 5-GHz Anda. Ingatlah untuk memeriksa apakah perangkat Anda kompatibel dengan 5 GHz sebelum melakukan ini.

7: Gunakan VPN
Memasang VPN di router Anda adalah cara terbaik untuk mengamankan semua perangkat rumah Anda. VPN akan mengenkripsi lalu lintas di setiap perangkat yang terhubung ke Wi-Fi rumah Anda. Ini mengacak semua data online Anda, sehingga tampak sebagai omong kosong yang lengkap

berish ke peretas mana pun yang mencoba mencegatnya. VPN tidak terbatas pada keamanan data – mereka dapat menyembunyikan IP Anda dan bahkan membuka blokir konten yang dibatasi secara geografis dengan memindahkan lokasi IP Anda. Aplikasi NordVPN dapat dengan mudah dipasang di router Anda. Satu akun NordVPN dapat mencakup hingga enam perangkat, tetapi setelah Anda menginstalnya di router Anda, setiap perangkat yang terhubung akan tercakup. Dan yang terbaik dari semuanya, itu hanya dihitung sebagai satu dari enam Anda.

Tingkatkan keamanan ke level berikutnya
Router terbaik memiliki fitur keamanan bawaan yang sangat baik, yang membantu mencegah masuknya ancaman dari luar. Tapi bagaimana dengan ancaman internal?

Perangkat terinfeksi yang terhubung ke router rumah Anda dapat dengan mudah menyebarkan malware ke perangkat lain yang terhubung, membahayakan keamanan semua orang yang terlibat. Itulah mengapa Anda harus selalu mempraktikkan keamanan yang baik di setiap perangkat Anda, serta mengamankan Wi-Fi rumah Anda. VPN adalah tempat yang bagus untuk memulai untuk keamanan secara keseluruhan.

Related Post